Latihan Jasmani Pada Pasien Diabetes Melitus - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Latihan Jasmani Pada Pasien Diabetes Melitus

< kembali

Kegiatan jasmani sehari-hari dan latihan jasmani secara teratur (3-4 kali seminggu selama kurang lebih 30 menit), merupakan salah satu pilar dalam pengelolaan DM tipe 2.
Kegiatan sehari-hari seperti berjalan kaki ke pasar, menggunakan tangga, berkebun harus tetap dilakukan.
Berikut contoh kegiatan dan jasmani yang bisa dilakukan:
1. Mengurangi Aktivitas
Hindari Aktivitas sedenter: misalnya menonton televisi, menggunakan internet, main game komputer.
2. Persering Aktivitas
Mengikuti olahraga rekreasi dan beraktivitas fisik tinggi pada waktu liburan: Misalnya jalan cepat, golf, olah otot. bersepeda, sepak bola.
olahraga lari
sumber gambar: mediapublica.com

3. Aktivitas harian
Kebiasaan bergaya hidup sehat: misalnya berjalan kaki ke pasar (tidak menggunakan mobil), menggunakan tangga (tidak menggunakan lift), menemui rekan kerja (tidak hanya melalui telepon internal), jalan dari dan ke tempat parkir.

Latihan jasmani selain untuk menjaga kebugaran juga dapat menurunkan berat badan dan memperbaiki sensitivitas insulin, sehingga akan memperbaiki kendali glukosa darah.

Latihan jasmani yang dianjurkan berupa latihan jasmani yang bersifat aerobik seperti: jalan kaki, bersepeda santai, jogging, dan berenang. Latihan jasmani sebaiknya disesuaikan dengan umur dan status kesegaran jasmani. Untuk mereka yang relatif sehat, intensitas latihan jasmani bisa ditingkatkan, sementara yang sudah mendapat komplikasi DM dapat dikurangi. Hindarkan kebiasaan hidup yang kurang gerak atau bermalasmalasan.

Sumber:
Konsesnsus Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 Tahun 2006
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Latihan Jasmani Pada Pasien Diabetes Melitus"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>