Edukasi Diabetes Melitus Tipe 2 - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Edukasi Diabetes Melitus Tipe 2

< kembali

Edukasi
Diabetes tipe 2 umumnya terjadi pada saat pola gaya hidup dan perilaku telah terbentuk dengan mapan. Pemberdayaan penyandang diabetes memerlukan partisipasi aktif pasien, keluarga dan masyarakat. Tim kesehatan mendampingi pasien dalam menuju perubahan perilaku. Untuk mencapai keberhasilan perubahan perilaku, dibutuhkan edukasi yang komprehensif dan upaya peningkatan motivasi.

sumber:allhealthcare.monster.com

Promosi Perilaku Sehat
Promosi perilaku sehat merupakan faktor penting pada kegiatan pelayanan kesehatan. Untuk mendapatkan hasil pengelolaan diabetes yang optimal dibutuhkan perubahan perilaku. Perlu dilakukan edukasi bagi pasien dan keluarga untuk pengetahuan dan peningkatan motivasi. Hal tersebut dapat terlaksana dengan baik melalui dukungan tim penyuluh yang terdiri dari dokter, ahli diet, perawat, dan tenaga kesehatan lain.

Perilaku sehat bagi penyandang diabetes
      Tujuan perubahan perilaku adalah agar penyandang diabetes dapat menjalani pola hidup sehat. Perilaku yang diharapkan adalah:
  • Mengikuti pola makan sehat
  • Meningkatkan kegiatan jasmani
  • Menggunakan obat diabetes dan obat-obat pada keadaan khusus secara aman, teratur
  • Melakukan Pemantauan Glukosa Darah Mandiri (PGDM) dan memanfaatkan data yang ada
  • Melakukan perawatan kaki secara berkala
  • Memiliki kemampuan untuk mengenal dan menghadapi keadaan sakit akut dengan tepat
  • Mempunyai keterampilan mengatasi masalah yang sederhana, dan mau bergabung dengan kelompok penyandang diabetes serta mengajak keluarga untuk mengerti pengelolaan penyandang diabetes.
  • Mampu memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang ada.

Edukasi perubahan perilaku (oleh Tim Edukator Diabetes)
Dalam menjalankan tugasnya, tenaga kesehatan memerlukan landasan empati, yaitu kemampuan memahami apa yang dirasakan oleh orang lain.
Prinsip yang perlu diperhatikan pada proses edukasi diabetes adalah:
  • Memberikan dukungan dan nasehat yang positif serta hindari terjadinya kecemasan
  • Memberikan informasi secara bertahap, dimulai dengan hal-hal yang sederhana
  • Lakukan pendekatan untuk mengatasi masalah dengan melakukan simulasi
  • Diskusikan program pengobatan secara terbuka, perhatikan keinginan pasien. Berikan penjelasan secara sederhana dan lengkap tentang program pengobatan yang diperlukan oleh pasien dan diskusikan hasil pemeriksaan laboratorium
  • Lakukan kompromi dan negosiasi agar tujuan pengobatan dapat diterima
  • Berikan motivasi dengan memberikan penghargaan
  • Libatkan keluarga/ pendamping dalam proses edukasi
  • Perhatikan kondisi jasmani dan psikologis serta tingkat pendidikan pasien dan keluarganya
  • Gunakan alat bantu audio visual
Edukasi dengan tujuan promosi hidup sehat, perlu selalu dilakukan sebagai bagian dari upaya pencegahan dan merupakan bagian yang  sangat penting dari pengelolaan DM secara holistik. Materi edukasi terdiri dari materi edukasi tingkat awal dan materi  edukasi tingkat lanjutan. Edukasi yang diberikan kepada pasien meliputi pemahaman tentang:
Materi edukasi pada tingkat awal adalah:
  • Perjalanan penyakit DM
  • Makna dan perlunya pengendalian dan pemantauan DM
  • Penyulit DM dan risikonya
  • Intervensi farmakologis dan non-farmakologis serta target perawatan
  • Interaksi antara asupan makanan, aktivitas fisik, dan obat hipoglikemik oral atau insulin serta obat-obatan lain
  • Cara pemantauan glukosa darah dan pemahaman hasil glukosa darah atau urin mandiri (hanya jika pemantauan glukosa darah mandiri tidak tersedia)
  • Mengatasi sementara keadaan gawat darurat seperti rasa sakit, atau hipoglikemia
  • Pentingnya latihan jasmani yang teratur
  • Masalah khusus yang dihadapi (contoh: hiperglikemia pada kehamilan)
  • Pentingnya perawatan kaki
  • Cara mempergunakan fasilitas perawatan kesehatan.

Materi edukasi pada tingkat lanjut adalah :
  • Mengenal dan mencegah penyulit akut DM
  • Pengetahuan mengenai penyulit menahun DM
  • Penatalaksanaan DM selama menderita penyakit lain
  • Makan di luar rumah
  • Rencana untuk kegiatan khusus
  • Hasil penelitian dan pengetahuan masa kini dan teknologi mutakhir tentang DM
  • Pemeliharaan/ Perawatan kaki

Edukasi dapat dilakukan secara individual dengan pendekatan berdasarkan penyelesaian masalah. Seperti halnya dengan proses edukasi, perubahan perilaku memerlukan perencanaan yang baik, implementasi, evaluasi, dan dokumentasi.


sumber:
Konsensus Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 Tahun 2006
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Edukasi Diabetes Melitus Tipe 2"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>