Tips Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

Pagi dok.. Saya mau tanya nih tentang diet sehat. Sebelumnya saya perkenalkan diri dulu. Saya seorang wanita usia 20 tahun. Saat ini masih aktif kuliah dengan kegiatan yang padat. Di saat-saat sibuk saya sering kuliah pagi dan pulangnya malam sehingga saya juga jarang berolahraga. Pernah saya melakukan diet dengan hanya makan nasi 4 sendok tanpa lauk disertai buah dan sayur atau pernah juga saya makan nasi hanya disertai sayur. Nah, yang ingin saya tanyakan apakah diet seperti itu baik? Saya pengen tau nih tips diet sehat untuk menurunkan berat badan atau paling tidak mempertahankan berat badan ideal.

tips diet sehat untuk menurunkan berat badan

Itu tadi adalah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh seorang pelaku diet. Mungkin Anda juga. Jadi bagaimana tips nya?

Tips Sederhana Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

Sebenarnya tips diet sederhana untuk menurunkan berat badan harus memperhatikan pola hidup sehat, yaitu pola makan, pola olahraga, dan pola istirahat. Jadi, berhentilah berfikir bahwa Anda mendapatkan penurunan berat badan yang baik dengan cara yang sehat hanya dengan memperhatikan satu aspek dari pola hidup sehat.

Untuk menurunkan berat badan, paling baik dilakukan dengan mengkombinasikan ketiga aspek di atas, yaitu mengatur pola makan (diet sehat), mengatur kuantitas dan kualitas olahraga, dan mencukupkan waktu untuk relaksasi tubuh (istirahat).

Anda tetap harus melatih tubuh Anda dengan olahraga teratur sembari mengatur diet sehat Anda. Jika hanya lewat diet sehat yang tidak diimbangi olahraga maka badan Anda akan cendrung merasa lemas karena kurang terlatih. Olah raga yang dapat Anda terapkan dapat berupa olahraga aerobik, seperti berenang, bersepeda, berlari; atau juga olahraga yang bersifat body builder, seperti push up, plank, latihan beban, dll. Olah raga seperti ini akan membantu kuantitas dan kualitas otot, lemak, dan jaringan tubuh lain Anda tetap terlatih dan optimal. Jika Anda melakukan olahraga ini secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3 kali dalam satu minggu, diimbangi dengan pola makan seimbang, nantinya Anda akan mendapatkan perubahan pada berat bdan Anda. Anda harus mendisiplinkan diri Anda untuk hal-hal ini.

Coba hilangkan keinginan Anda untuk menurunkan berat badan Anda secara instan dalam waktu singkat. Kenapa? Oleh karena penurunan berat badan yang relatif terlalu cepat berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan. Jadi berapa penurunan berat yang wajar? Cobalah menurunkan sekitar 0,5 kg tiap minggunya atau 2 hingga 2,5 kg tiap bulannya.

Selanjutnya dalam tips diet sehat yang harus diingat adalah bahwa diet yang Anda lakukan adalah mengurangi jumlah kalori dalam sehari bukan menghilangkan asupan salah satu nutrisi yang penting bagi tubuh Anda. Di dalam tiap menu makan harian Anda harus tetap ada karbohidrat, lemak, protein, sayur, dan buah. Bila kurang salah satu asupan maka segera lengkapi.

Ingatlah untuk tetap makan 3 kali dalam sehari (atau sesuai dengan kebiasaan Anda). Hanya saja Anda harus mengatur porsi sesuai kebutuhan kalori Anda. Setiap kali Anda makan sebaiknya ada unsur kabohidrat (gandum, nasi, roti, kentang), hindari makanan gorengan, yang terlalu manis, terlalu banyak garam, makanan kalengan dan fast food seperti sosis, nugget, atau kentang goreng. Perbanyak memilih lauk berupa ikan dan perbanyak minum air putih. Coba untuk makan pagi disertai dengan buah-buah yang manis dan untuk malam hari berusaha untuk menghindari makanan dengan porsi yang terlalu besar.

Menurunkan berat tubuh memerlukan waktu, kedisiplinan, dan kesabaran. Bila Anda melakukannya dengan dengan tepat dan santai, maka akan dapat membuahkan hasil seperti apa yang Anda idamkan. Apabila Anda kesulitan melakukan pola diet sendiri, Anda dapat minta bantuan dari dokter keluarga Anda atau praktisi diet sehat terakreditasi di sekitar Anda; bila perlu konsultasi ke Dokter Spesialis Gizi untuk mengatur kebutuhan nutrisi Anda.

Jadi, bila Anda menerapka diet sehat maka terapkan juga olahraga yang sehat serta cukup istirahat. Semoga diet sehat Anda dapat menurunkan berat badan Anda.

Cari artikel lain di Kedokteran Kesehatan


Bagikan artikel ini ke teman-teman Anda dengan cara klik ikon sosial media di bawah atau klik tulisan share bila Anda menggunakan mobile version
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Tips Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan"