Interaksi Obat Anti Alergi Dengan Makanan dan Minuman - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Interaksi Obat Anti Alergi Dengan Makanan dan Minuman

Informasi yang diberikan di artikel ini tidak mutlak menggantikan saran dan nasehat dari dokter dan apoteker Anda. Bila Anda ragu dengan obat-obat anti alergi yang Anda minum, Anda dapat berkonsultasi ke dokter dan apoteker Anda tentang obat yang Anda minum. Ini juga dapat Anda lakukan meskipun Anda membeli obat bebas yang banyak dijual dipasaran. Selain itu, dengan konsultasi langsung Anda dapat menyampaikan masalah dan riwayat efek samping yang pernah Anda rasakan selama minum obat anti alergi tertentu.

Penjelasan Interaksi Obat Anti Alergi dengan Makanan dan Minuman

Salah satu obat jenis anti alergi adalah anti histamin. Obat ini banyak digunakan untuk mengurangi dan mengatasi gejala flu dan alergi. Obat ini berkerja dengan cara menghambat dan membatasi histamin yang dilepaskan oeh tubuh bila seseorang terpapar dengan faktor-faktor yang menyebabkan dan mencetuskan reaksi alergi.

Banyak anti histamin yang dapat dibeli bebas di pasaran. Beberapa contohnya adalah bromfeniramin, difenhidramin, dan khlorfeniramin. Ada juga anti histamin lain yang pemakaiannya harus dengan resep dokter. Beberapa contohnya adalah cetirizine, feksofenadin, dan loratadin.

Interaksi obat anti alergi dengan makanan dan minuman, beberapa contoh umum diantaranya:

  • Konsumsi obat anti histamin dalam keadaan perut kosong akan meningkatkan efek obat anti hsitami sendiri.
  • Buah grapefruit (termasuk dalam kelompok citrus): sebaiknya menghindari mengkonsumsi obat terfenadin bersamaan dengan jus buah grapefruit. Hal ini dapat  minum Terfenadin bersama jus grapefruit karena dapat meningkatkan terjadinya peningkatan efek samping kardiotoksisitas akibat terjadinya peningkatan kadar obat dalam tubuh terutama pada penderita dengan resiko tinggi.
  • Alkohol: mengkonsumsi obat antialergi bersaman dengan alkohol dapat meningkatkan efek samping pada peminum obat, yaitu berkurangnya kewaspadaan dan mengantuk.
  • Kafein: menkonsumsi obat ini dengan minuman berkafein seperti kopi atau teh dapat mengurangi efek samping mengantuk.

Presented by: Kedokteran - Kesehatan
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Interaksi Obat Anti Alergi Dengan Makanan dan Minuman"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>