Waspadai 5 Pekerjaan Rumah Tangga Ini Saat Anda Hamil - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waspadai 5 Pekerjaan Rumah Tangga Ini Saat Anda Hamil

Info Kesehatan Kandungan: Waspadai 5 Pekerjaan Rumah Tangga Ini Saat Anda Hamil. Ketika Anda sedang hamil, aktivitas sebagai inu rumah tangga tidak akan bebas lagi dilakukan. Hal ini dikarenakan tubuh Anda menjadi lebih rentan terhadap agen penyebab penyakit di sekitar Anda. Beberapa pekerjaan rumah tangga sebaiknya harus Anda tinggalkan demi kesehatan kehamilan Anda.

Waspadai 5 Pekerjaan Rumah Tangga Ini Saat Anda Hamil
Waspadai 5 Pekerjaan Rumah Tangga Ini Saat Anda Hamil

Nah, beberapa pekerjaan yang benar-benar harus Anda tinggalkan saat Anda hamil. Kenapa? Yuk lihat penjelasannya.

Mari Waspadai 5 Pekerjaan Rumah Tangga Ini Saat Anda Sedang Hamil

1. Berdiri terlalu lama.
Banyak pekerjaan rumah tangga yang dilakukan saat berdiri, terutama bila kondisi rumah Anda mengharuskan seseorang untuk berdiri dalam waktu lama saat melakukan pekerjaan rumah tangga. Sebut saja memasak, mencuci (baik peralatan makan atau pakaian), dan lainnya dimana kondisi dapur Anda dirancang untuk melakukan pekerjaan ini sambil berdiri. Sebenarnya Anda boleh saja memasak atau melakukan pekerjaan dapur lainnya, tetapi sebaiknya dilakukan sambil duduk dengan menyiapkan tempat duduk di dapur Anda.

2. Membersihkan kotak tempat kotoran kucing.
Bila Anda adalah pecinta kucing maka sebaiknya hindari aktivitas rutin membersihkan tempat kotoran kucing Anda selama masa kehamilan. Kenapa? Hal ini ditujukan agar mengurangi risiko terinfeksi toksoplasmosis. Apa itu? Toksoplasmosis adalah infeksi yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii. Nah, parasit inilah yang hidup di kotoran kucing yang terinfeksi parasit ini.

Anda (Ibu hamil) mungkin saja terinfeksi toksoplasma saat makan atau memegang hidung dengan tangan yang telah tercemar dengan parasit ini, terlebih jika Anda sehabis membersihkan kotoran kucing tersebut. Kondisi terinfeksi toksoplasmosis dapat berisiko pada kehamilan karena parasit ini dapat menjangkau plasenta dan janin.

Ibu hamil yang terinfeksi parasit ini dapat menimbulkan dampak yang bersifat ringan hingga parah. Komplikasi buruk mungkin mengenai janin Anda, seperti cacat lahir serius pada otak dan mata serta dapat menyebabkan kerusakan struktural dan neurologis bersifat jangka panjang. Nah, hal ini dapat meningkatkan risiko anak Anda nantinya menderita epilepsi, gangguan pada tumbuh kembang, dan atau menyebabkan kebutaan pada mata. Yang lebih parah lagi infeksi ini dapat meningkatkan risiko keguguran atau kematian janin dalam kandungan.

3. Mengangkat atau memindahkan benda berat.
Beberapa pekerjaan rumah tangga yang mengharuskan Anda untuk mengangkat atau memindahkan barang/ benda berat sebaiknya dihindari selama masa kehamilan Anda. Pada masa kehamilan Anda, perubahan hormon dapat membuat ligamen dan jaringan penghubung lainnya menjadi lebih lemah. Belum lagi beban membawa janin Anda yang telah benyak memberikan pressure pada tulang punggung Anda. Nah, dengan kondisi seperti ini Anda rentan mengalami cedera atau nyeri otot saat mengangkat beban-beban yang berat.

Sampai detik ini, masih belum ada batasan berat beban yang aman untuk diangkat oleh seorang ibu hamil. Untuk keamanan Anda dan janin Anda, sebaiknya Anda hindari aktivitas seperti ini selama masa kehamilan.

4. Membersihkan rumah dengan produk berbahan kimia.
Tentunya Anda risih bila melihat kamar mandi yang kotor dan berjamur lantaran sudah lama tidak dibersihkan. Belum lagi serangga yang mungkin datang pada ruangan dapur atau kamar mandi yang kotor tadi. Adakalanya Anda tidak tahan dengan itu semua dan ingin memakai pembersih lantai atau penyemprot anti serangga. Eit, sayangnya Anda harus berpikir ulang dahulu. Ha ini dikarenakan ada beberapat zat kimia yang terkandung di dalamnya yang dapat berdampak buruk bagi janin Anda.

Saat-saat seperti ini hendaknya Anda lebih baik memakai bahan dan alat pembersih alami seperti soda kue atau cuka sebagai pembersih lantai atau asam borat sebagai bahan penyemprot anti serangga.

5. Berada di ketinggian.
Bila Anda melihat langit-langit rumah atau kipas angin yang menempel di dinding terlihat kotor maka sebaiknya Anda tidak perlu bergegas untuk membersihkannya. Biarkan saja orang lain yang membersihkannya. Hal ini agar menghindari kecelakaan yang tidak diinginkan seperti terjatuh.

Nah, itu tadi lima pekerjaan rumah tangga yang Anda sebagai ibu hamil harus hindari demi kelangsungan dan kesehatan kehamilan Anda. Minta bantuan pasangan Anda untuk menangani pekerjaan rumah tangga yang dapat mendatangkan risiko pada kehamilan Anda. Bila perlu Anda dapat memakai jasa asisten rumah tangga. Namun, perlu diingat bukan berarti hal ini membuat Anda bermalas-malasan. Saat hamil Anda harus tetap aktif bergerak. Anda tetap bisa melakukan pekerjaan rumah tangga yang ringan dan risikonya kecil.
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Waspadai 5 Pekerjaan Rumah Tangga Ini Saat Anda Hamil"